Contoh Aspek-Aspek IT Governance dan Risk Management
Dalam aspek IT Governance contoh yang bisa
diambil adalah dalam hal tata kelola IT yang fokus utamanya adalah :
Penyelarasan Strategis (Strategic
Alignment) Memfokuskan kepastian terhadap keterkaitan antara strategi bisnis
dan TI serta penyelarasan antara operasional TI dengan bisnis.
Penyampaian Nilai (Value Delivery) Mencakup
hal-hal yang terkait dengan penyampaian nilai yang memastikan bahwa TI memenuhi
manfaat yang dijanjikan dengan memfokuskan pada pengoptimalan biaya dan
pembuktian nilai hakiki akan keberadaan TI.
Pengelolaan Sumber Daya (Resource
Management) Berkaitan dengan pengoptimalan investasi yang dilakukan dan
pengelolaan secara tepat dari sumber daya TI yang kritis mencakup : aplikasi,
informasi, infrastruktur dan Sumber Daya Manusia (SDM). Isu kunci area ini berhubungan
dengan pengoptimalan pengetahuan dan infrastruktur.
Pengelolaan Resiko (Risk Management)
Membutuhkan kepekaan akan resiko oleh manajemen senior, pemahaman yang jelas
akan perhatian perusahaan terhadap keberadaan resiko, pemahaman kebutuhan akan
kepatutan, transparansi akan resiko yang signifikan terhadap proses bisnis
perusahaan dan tanggung jawab pengelolaan resiko ke dalam organisasi itu
sendiri.
Pengukuran Kinerja (Performance
Measurement) Penelusuran dan pengawasan implementasi dari strategi, pemenuhan
proyek yang berjalan, penggunaan sumber daya, kinerja proses dan penyampaian
layanan dengan menggunakan kerangka kerja seperti Balanced Scorecard yang
menerjemahkan strategi ke dalam tindakan untuk mencapai tujuan terukur
dibandingkan dengan akuntansi konvensional.
Dalam aspek Risk Management contoh yang
bisa diambil adalah hal keamanan yakni diklasifikasikan menjadi 4 lubang
keamanan :
Keamanan Yang Bersifat Fisik (physical
security) :termasuk akses orang ke gedung,peralatan, dan media yang digunakan.
Keamanan Yang Berhubungan Dengan Orang
(Personel) : termasuk identifikasi, dan profil resiko dari orang yang mempunyai
akses (pekerja).
Keamanan dari data media serta teknik
komnukasi(Communication) : termasuk juga kelemahan dalam software yang digunakan
untuk mengelola data.
Keamanan dalam Operasi : Termasuk kebijakan
(policy) dan prosedur yang digunakan untuk mengatur dan mengelola sistem
keamanan dan juga termasuk prosedur setelah serangan (post Attack Recovery).
Komentar
Posting Komentar